"MENYIKAPI PEPRSAINGAN PRODUK ASING DAN PRODUK LOKAL"
Kondisi ini tentunya memicu persaingan pasar yang
semakin pesat antara pelaku bisnis lokal dengan para importir dari negara
tetangga yang berusaha memasarkan produk-produknya ke Indonesia. Karena itu,
untuk mengatasi gempuran produk impor yang semakin merajalela pasar dalam
negeri, berikut ini ada beberapa tips dan trik pemasaran menghadapi gempuran
produk impor yang bisa digunakan untuk memenangkan persaingan pasar.
- Menciptakan diferensiasi produk.
Ketika
produk impor dari negara tetangga mulai memadati pasar lokal dengan
produk-produk baru yang cukup potensial, maka Anda jangan mau menyerah dan
ciptakan inovasi yang berbeda untuk mempertahankan loyalitas para konsumen.
Misalnya saja dengan menawarkan layanan purna jual dengan memberikan garansi
atau jaminan servis gratis untuk memanjakan para konsumen, mempertahankan
citarasa dan tradisi lokal untuk menarik minat pelanggan, serta menciptakan
sebuah inovasi unik yang belum dimiliki para importir negara lain.
- Meningkatkan kualitas agar tak kalah bersaing dengan importir.
Pada
dasarnya produk lokal tidak kalah bersaing dengan produk impor dari luar
negeri. Meskipun untuk urusan harga belum bisa semurah produk buatan Cina,
namun produk-produk buatan Indonesia memiliki kualitas yang lebih unggul.
Contohnya saja seperti mainan buatan Cina yang ternyata kurang aman bagi
kesehatan anak, beberapa produk susu anak juga banyak yang mengandung melamin,
bahkan untuk produk batik buatan Cina juga tidak sehalus kain batik buatan Solo
maupun Yogyakarta. Sehingga untuk urusan kualitas, produk lokal sebenarnya
tidak kalah bersaing dengan produk impor negara tetangga.
- Mengenali karakteristik dan kebutuhan para konsumen.
Untuk
mencegah gempuran pasar yang semakin ketat, sebisa mungkin kenali perilaku konsumen
dan penuhi kebutuhan-kebutuhan yang mereka cari. Melalui strategi pemasaran
yang melibatkan pendekatan langsung antara pedagang dan pelanggan, maka
konsumen pun tidak segan-segan untuk semakin loyal dengan produk yang Anda
tawarkan dan tidak tertarik untuk berpaling ke produk yang lain.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar